Beberapa hari ini saya gencar mengulik bahasa pemrograman Ruby, Terutama framework Ruby on Rails, Oleh karena itu mungkin ada bagusnya juga kalau saya membuat tulisan ini sebagai catatan pribadi atau mungkin pembaca yang mengalami kesulitan atau tidak tahu cara instalasi Ruby on Rails, terutama pada distribusi Linux Fedora 25.

Jika anda tidak tahu apa itu Ruby on Rails, singkat Rails, dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bisa mengunjungi situs Rails pada tautan berikut atau http://rubyonrails.org/

Instal Ruby

Karena Rails hanyalah framework dan komponen utama yang digunakanya adalah bahasa pemrograman Ruby maka kita perlu menginstall Ruby terlebih dahulu melalui Repository Fedora, Jalankan 2 perintah berikut:

$ sudo dnf group install \"C Development Tools and Libraries\"
$ sudo dnf install ruby-devel zlib-devel

jika proses download dan instalasi sudah selesai, anda dapat memulai instalasi Rails. Ada 2 metode yang dapat dilakukan untuk instalasi Rails, yaitu melalui upstream Ruby Gems melalui perintah gem. Atau melalui Repository Fedora.

Perbedaan antara 2 metode ini hanyalah pada versi Rails yang akan terintall nantinya, Biasanya pada upstream Ruby Gems akan tersedia versi paling baru ketimbang dengan yang ada pada Repository stable Fedora.

Untuk instalasi melalui gem, anda dapat menjalankan perintah berikut:

$ gem install rails

atau melalui Repository Fedora dengan perintah berikut:

$ sudo dnf install rubygem-rails

Untuk mengkonfirmasi apakah Rails sudah terinstall pada system anda atau belum, dapat dilakukan dengan menjalankan perintah berikut:

$ rails --version

Anda akan melihat versi Rails yang anda gunakan pada output terminal anda.

Troubleshoting

Error: /usr/lib/rpm/redhat/redhat-hardened-cc1 Tidak ditemukan saat mengkompil

Error ini biasa terjadi saat anda mungkin ingin menginstall paket / extensi mengunakan gem namun tidak memiliki library redhat-rpm-config terinstall pada sistem anda. Ini dapat di tangani dengan mudah dengan perintah berikut:

$ sudo dnf install redhat-rpm-config

Error: Failed to complete patch task saat instalasi mengunakan gem

Hampir sama pada kasus di atas,Masalah ini muncul dikarenakan anda tidak memiliki paket library patch pada system anda. Jalankan:

$ sudo dnf install patch