Hari ini saya mencoba coba masuk ke halaman admin Ghost Blog saya, dan tidak seperti biasanya kata kunci yang saya masukan di anggap salah, Entah karena memang saya sering lupa kombinasi yang saya gunakan atau typo pada saat memasukan kombinasi yang sebenarnya saya pakai.

Alhasil setelah 5 kali gagal akun saya secara otomatis terkunci. Dan sayangnya lagi saya belom mengaktifkan fungsi lupa password pada Ghost Blog saya. Setelah coba cari dokumentasi kesana kemari akhirnya saya menemukan solusi untuk keadaan seperti ini.

Merubah Status Pada Akun Yang Terkunci Di Database

Pada akun yang terkunci anda akan menemukan bahwa pada kolom status pada table users di susunan database milik Ghost akan memiliki nilai locked. Jadi untuk memulihkan akun yang terkunci tersebut kita hanya perlu merubah nilai locked menjadi active. Ini dapat di capai dengan sedikit pemahaman pada SQL Syntax pada Database Engine yang anda gunakan.

Secara umum, Ghost menggunakan SQLite sebagai engine database bawaan-nya. Namun pada kasus yang terjadi pada saya, Saya menggunakan Database MySql / MariaDB.

Masuk Ke Dalam Database

Sebelum kita bisa merubah nilai kolom pada database, terlebih dahulu kita harus masuk ke dalam database tersebut. Pada cntoh berikut kita akan mengakses database kita langsung melalui console pada server yang di gunakan untuk menjalankan database / situs Ghost tersebut.

Pada MySql / MariaDB, terlebih dahulu anda harus login kedalam mysql mengunakan akun yang memiliki akses kepada database yang anda gunakan pada situs Ghost anda.

$ mysql -u <username_database> -p

Setelah anda masuk ke mysql anda dapat langsung menggunakan Database yang digunakan oleh Ghost, Contoh:

USE <nama_database>;

Tidak seperti MariaDB, pada SQLite berkas database berada didalam direktori konten milik ghost, Sehingga untuk mengakses database tersebut anda dapat masuk ke direktori Ghost milik anda dan menjalankan perintah berikut:

$ sudo sqlite3 content/data/ghost.db

Mengganti Nilai Pada Kolom Status

lalu kemudian anda bisa lanjutkan dengan mengetik perintah berikut:

UPDATE users PUT status=active WHERE id=<user_id>;

ganti <id_user_yang_terkunci> sesuai dengan id akun pengguna anda yang terkunci, untuk mengetahui nilai id ini anda dapat mejalankan perintah lain seperti:

SELECT id,name FROM users WHERE status=locked;

ambil id pengguna tersebut yang sesuai dengan nama penulis atau pengguna yang akun-nya terkunci

Jika query yang di kirim sudah OK, anda bisa keluar dari mysql dengan mengetik perintah exit lalu coba login kembali kedalam Ghost anda.